PT Pos Indonesia Siap Bantu Online-kan UKM

PT Pos Indonesia Siap Bantu Online-kan UKM
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara (tengah) didamping Duta Koperasi dan UKM 2017, Dewi Motik Pramono saat membuka Pameran Pemerataan Ekonomi Digital di gedung Smesco Jakarta, Jumat (31/3). Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memengaruhi perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Terlebih pertumbuhan ekonomi saat ini tak luput dari pengaruh besar pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara dalam sambutannya pada Pameran Pemerataan Ekonomi Digital di gedung Smesco Jakarta, Jumat (31/3) menyatakan kerjasama antara PT Pos Indonesia (Persero) dan Nurbaya Initiative akan membantu target pemerintah dalam mengenalkan dan mengajak 8 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

"Semakin ke sini saya semakin percaya core ekonomi Indonesia adalah UKM. UKM ini berkontribusi sebesar 58 persen untuk GDP Indonesia. Saya juga semakin yakin teknologi harus bisa jadi enabler dan memberi nilai tambah bagi tidak hanya bagi pelaku industri ini, juga untuk masyarakat secara keseluruhan," kata Rudiantara pada pameran yang dilakukan secara serentak di 30 Kota di seluruh Indonesia mulai 31 Maret hingga 2 April 2017.

Dalam kerja sama ini, Pos Indonesia membantu dalam hal pengantaran barang dan sistem pembayaran, sementara Nurbaya Initiative yang memiliki lahan khusus di hampir seluruh marketplace di Indonesia, disebut dengan nama Nurbaya Corner bertindak sebagai kurator untuk menentukan produk yang akan dibantu untuk dipasarkan.

PT Pos Indonesia Regional 4 yang tersebar di Jabodetabek dan Banten pada pameran ini optismis mampu menggaet sebanyak 3 ribu UKM yang nantinya akan memanfaatkan internet sebagai medium pemasaran produk dan jasa yang mereka produksi.

"Kami yakin bisa membantu lebih banyak UKM yang belum terhubung ke dalam jaringan online untuk memasarkan berbagai macam produk yang mereka hasilkan," kata Manajer Adminstrasi dan Perencanaan Penjualan Pos Regional 4 Toto disela-sela melayani pendaftaran peserta UKM.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi Wahju Setijono berkomitmen untuk membantu mengonlinekan setidaknya 2 juta UMKM pada akhir 2018, dimana setidaknya 80 persen database akan didapatkan dari penerima KUR BRI.

"Dengan cakupan PT Pos Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia, kami yakin akan bisa membantu lebih banyak UKM untuk memanfaatkan jaringan online, selain itu bapak-bapak petugas pos kini tidak hanya antar surat atau barang namun juga pegang perangkat untuk bantu online-kan UKM," ujar Gilarsi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memengaruhi perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News