PT PP Tirta Riau Gelar Groundbreaking Ceremony SPAM Lintas Kota Pekanbaru & Kabupaten Kampar

PT PP Tirta Riau Gelar Groundbreaking Ceremony SPAM Lintas Kota Pekanbaru & Kabupaten Kampar
PT PP bersama anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yakni PT PP Infrastruktur melakukan groundbreaking ceremony pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Foto dok PT PP

jpnn.com, PEKANBARU - PT PP bersama anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yakni PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan groundbreaking ceremony atas pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

PT PP Tirta Riau merupakan Badan Usaha Kerjasama (BUK) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari: PT PP (Persero) Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Acara groundbreaking diselenggarakan pada Kamis (19/11) bertempat di Hotel Pangerang, Pekanbaru, Riau dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Acara groundbreaking ceremony ditandai secara simbolis dengan penekanan tombol bersama di layar, di mana dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Pemukiman Kementerian PUPR R. Haryo Bekti Martoyoedo.

Kemudian Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan Agus Purbianto, Direktur Utama PP Infra Didik Mardiyanto.

"Setelah beroperasi nanti, SPAM tersebut akan melayani +624.000 jiwa (sekitar 102.000 Sambungan Rumah) di lima kecamatan, yaitu: Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menjadi 55 % (greenfields)," jelas Didik.

SPAM ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau dimana sumber air baku berasal dari Sungai Kampar.

"Kerja sama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau melalui Divisi Air nya yang merupakan cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau," serunya.

PP Infra saat ini merupakan satu-satunya investor dan perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan infrastruktur SPAM dari hulu hingga hilir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News