PTPN Xl Kejar Rendemen Tebu 8 Persen

PTPN Xl Kejar Rendemen Tebu 8 Persen
Direktur Utama PTPN XI Moh Cholidi (kiri) dan Direktur Operasional PTPN XI Daniyanto menunjukan gula produk PTPN XI, di Surabaya, Senin (12/6). Foto Abdullah Munir/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah Pabrik Gula (PG) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Xl mulai akhir Mei lalu sudah memasuki musim giling tebu.

Berbagai upaya telah dilakukan perseroan untuk mencapai target produksi dan menjadikan Jawa Timur sebagai lumbung gula nasional.

Salah satunya yakni mengejar rendemen di atas 8 persen untuk mengubah pola kerja petani di Jawa Timur.

Direktur Utama PTPN XI Muhammad Cholidi mengatakan, untuk mengejar rendemen tinggi, pihaknya sudah mengubah kerja petani terutama pada waktu tebang dan muat angkut ke pabrik.

”Rendemen di atas 8 persen ini memang jadi momok petani. Tetapi kami sudah menjelaskan ke mereka, sabar dan tunggu sampai masa panennya sesuai umurnya,” kata kata Cholidi seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Selasa (13/6).

Dikatakan Cholidi, Maret lalu, seluruh CEO Pabrik Gula di Jatim sudah membuat kesepakatan bahwa semua PG hanya akan menerima tebu yang bersih dan berkualitas bagus untuk digiling di pabrik.

Sehingga, petani tidak boleh lagi asal­asalan panen, baik dari usia tebu, sampai kebersihan tebu itu sendiri.

Untuk menjamin mutu gula dan kelancaran giling, PTPN XI sudah mempersiapkan proyek revitalisasi di PG Djatiroto dan PG Assembagoes.

Sejumlah Pabrik Gula (PG) milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Xl mulai akhir Mei lalu sudah memasuki musim giling tebu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News