PU Mulai Garap Tol Solo - Ngawi

PU Mulai Garap Tol Solo - Ngawi
PU Mulai Garap Tol Solo - Ngawi
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 500 miliar untuk membangun jalan tol Solo-Ngawi. Dana tersebut digunakan untuk konstruksi ruas sepanjang 20 kilometer yang menjadi porsi pemerintah.

Tahun lalu pemerintah telah mencairkan dana Rp 1 triliun untuk pembangunan jalan tol sepanjang 90,10 kilometer itu. Dari total biaya jalan tol Rp 5,14 triliun, pemerintah memang memiliki kewajiban menyediakan dana konstruksi Rp 3 triliun. Sisanya ditanggung investor PT Solo Ngawi Jaya.

"Untuk jalan tol yang menjadi porsi pemerintah, pencairannya bergantung ketersediaan dana, tidak bisa langsung (dicairkan) seluruhnya. Tapi, tanggung jawab investor untuk mengerjakan seluruhnya," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR di Jakarta Rabu (30/1).

 

Karena kelayakan proyek tersebut rendah, jalan tol yang menjadi bagian dari ruas Solo"Kertosono ini memang menggunakan pola kerja sama pemerintah dan swasta atau public private partnership. Pemerintah menyubsidi biaya pembebasan lahan dan konstruksi sebagian ruas, sedangkan swasta menanggung sisanya.

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 500 miliar untuk membangun jalan tol Solo-Ngawi. Dana tersebut digunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News