PU Tetap Buka 3 Fly Over

PU Tetap Buka 3 Fly Over
PU Tetap Buka 3 Fly Over

jpnn.com - Mengantisipasi terjadinya kemacetan di ruas jalan nasional khususnya di Jalan Pantai Utara Jawa (Pantura) dan Jalan Tengah Jawa, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membuka 3 jalan layang (fly over/FO). Padahal ketiga FO tersebut masih dalam tahap pekerjaan.

Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak mengatakan ada tiga FO yang dapat difungsikan pada arus mudik tahun ini. Ketiga FO tersebut adalah FO Kalibanteng di Kota Semarang, FO Jombor di Yogyakarta, dan FO Peterongan di Jombang, Jawa Timur. Dardak menjelaskan bahwa pembukaan ketiga FO tersebut merupakan kebutuhan menjelang arus mudik yang tahun ini diperkirakan meningkat.

"Kita mengidentifikasi kebutuhan, setiap tahunnya kita selalu meningkatkan kapasitas jalan nasional yang kita punya," kata Dardak, Jumat (2/8) di Kementerian PU.

Selain mengoperasionalkan ketiga FO tersebut, Dardak mengatakan bahwa pemudik juga sudah dapat melintasi jalan tol Ungaran"Bawen di Jawa Tengah yang telah dibuka beberapa waktu lalu. Dia juga mengakui ketiga FO dan tol Ungaran"Bawen tersebut belum rampung sepenuhnya,  namun tetap difungsikan demi mendukung kelancaran arus mudik.

"Untuk itu, Kementerian PU telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian demi menjaga dan mengatur kendaraan yang melintasi jalan-jalan baru tersebut," ujar Dardak.

Dardak menambahkan bahwa jalan viaduct Gentong di Jawa Barat yang telah difungsikan beberapa waktu lalu juga diharapkan dapat mengurai kemacetan yang selalu terjadi setiap tahunnya. "Tahun sebelumnya Kementerian PU juga telah mengoperasikan Lingkar Nagrek," tambahnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Pusat Komunikasi PU Danis H. Sumadilaga mengatakan bahwa ketiga FO dan tol Ungaran"Bawen sudah sudah dapat dilintasi kendaraan walaupun belum rampung. Selain itu dia mengatakan bahwa pembukaan jalan-jalan tersebut hanya bersifat sementara. Dia mengungkapkan maksimal setelah H+7 atau H+10 lebaran, jalan sudah kembali ditutup. "Setelah itu kami akan lanjutkan pekerjaan di sana," kata Danis.

Sementara itu, memasuki H-6 atau Jumat (2/8), pemudik yang menggunakan jasa penerbangan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai terjadi peningkatan. PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta memprediksi arus mudik diprediksi terjadi pada H- 5 atau Sabtu (3/8) dan H- 4 atau Minggu (4/8).

Mengantisipasi terjadinya kemacetan di ruas jalan nasional khususnya di Jalan Pantai Utara Jawa (Pantura) dan Jalan Tengah Jawa, Kementerian Pekerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News