Puan Ajak Anggota IPU Teguhkan Komitmen Menegakkan Kesetaraan Gender

Puan Ajak Anggota IPU Teguhkan Komitmen Menegakkan Kesetaraan Gender
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengajak anggota IPU meneguhkan komitmen dalam menegakkan kesetaraan gender di negaranya masing-masing. Foto: DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menilai perempuan terdampak berbagai tantangan dari pengaruh kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia.

Oleh karena itu, Puan menyebut penting bagi seluruh dunia berkerja sama untuk memastikan partisipasi aktif perempuan dalam berbagai bidang.

"Kita menghadapi tantangan pandemi, kita tengah menghadapi ancaman ketegangan geopolitik dan kita menghadapi tantangan meningkatnya dampak perubahan iklim," ujarnya saat memberikan pidato dalam Forum of Women Parliamentarians, Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3).

Menurutnya, beberapa tahun terakhir perempuan telah banyak berkiprah di dunia politik.

Pada 2021, setidaknya 18 dari 73 menjadi ketua parlemen di seluruh dunia adalah perempuan.

"Sebanyak 24,7 persen ketua parlemen dunia adalah perempuan," ucapnya.

Berdasarkan proporsi global anggota parlemen perempuan juga telah meningkat sebesar 0,6 persen menjadi 26,1 persen.

"Oleh karena itu, kita perlu terus memastikan partisipasi aktif perempuan pada proses pengambilan keputusan, terutama di badan publik," imbuhnya.

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengajak anggota IPU meneguhkan komitmen dalam menegakkan kesetaraan gender di negaranya masing-masing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News