Puan Dorong SBY Reshuffle Menteri

PDIP-Istana Makin Mesra

Puan Dorong SBY Reshuffle Menteri
Puan Dorong SBY Reshuffle Menteri
JAKARTA - Isu reshuffle yang sempat meredup kembali menghangat. Dorongan perombakan kabinet kali ini justru datang dari luar lingkaran koalisi parpol yang mendukung pemerintah. Adalah Puan Maharani, politikus PDIP, yang  mendorong Presiden SBY untuk segera merombak susunan menterinya. "Jangan ditunda-tunda, bersikap tegas, dan cepatlah. Ini demi perbaikan bangsa ke depan," kata Puan di Kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kemarin (19/11). Dia menyampaikan, reshuffle sebaiknya segera dilakukan kalau presiden menganggap kinerja para pembantunya tidak maksimal.

"Sebab, apa pun yang dilakukan atau dikerjakan menteri terkait akan memengaruhi pembangunan bangsa dan negara ke depan," ingat anggota Komisi VI DPR itu. Puan menyampaikan, semua menteri harus siap diganti. Tak peduli apa pun latar belakangnya, baik dari profesional maupun partai politik. Sebab, para menteri itu diangkat dan dilantik untuk membantu presiden.

"Jadi, kalau memang tidak bisa bekerja maksimal, ya hak presiden untuk mengganti, mengadakan reshuffle," tegas putri pasangan Megawati dan Taufik Kiemas itu. Dia mengisyaratkan, SBY harus mengevaluasi secara serius sejumlah pos menteri di bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Puan berpandangan, kondisi ekonomi sekarang belum berjalan baik dengan lapangan kerja yang masih minim. Akibatnya, banyak masyarakat yang belum bisa hidup layak.

Penanganan bencana juga mendapatkan sorotan dari Puan. Dia menuding pemerintah tidak siap melakukan tindakan preventif. Penanganan pascabencana juga belum dilakukan dengan baik.

JAKARTA - Isu reshuffle yang sempat meredup kembali menghangat. Dorongan perombakan kabinet kali ini justru datang dari luar lingkaran koalisi parpol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News