Puan Koordinasikan Perpres Peningkatan Prestasi Olahraga

Puan Koordinasikan Perpres Peningkatan Prestasi Olahraga
Menko PMK Puan Maharani (tengah) Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, selain bermanfaat sebagai ajang unjuk gigi kesuksesan Indonesia menyelenggarakan pesta olahraga internasional, Asian Games dan Asian Para Games 2018 juga bisa dijadikan momentum kebangkitan prestasi atlet-atlet Indonesia di ajang dunia.

Mbak Puan mengungkap hal itu saat memimpin dan menyampaikan arahan dalam rapat koordinasi tingkat menteri (RTM) dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

“Perpres ini keluar pada dasarnya untuk menyikapi prestasi atlet pada SEA Games 2017 lalu. Melalui Perpres ini kita semua berharap banyak terobosan yang dilakukan termasuk tindak lanjut dari evaluasi pada waktu sebelumnya,” kata Puan dalam pembukaan RTM, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (1/11).

Rapat itu dihadiri oleh Menpora Imam Nahrawi, Jajaran KONI Pusat, perwakilan Setkab, perwakilan kantor Satwapres, staf khusus Menko PMK dan Plt Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan, I Nyoman Shuida.

Menko PMK menyampaikan agar rencana pelatihan performa tinggi dan anggarannya agar diselesaikan Desember nanti. Agar antara Januari-Februari tahun depan bisa mulai memanfaatkan anggaran. Dengan begitu, segala hambatan seperti di masa lalu tidak terjadi lagi.

“Kita jadi bisa berkonsentrasi penuh terhadap prestasi atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games nanti sesuai rencana,” katanya.

Puan juga meminta agar para atlet Indonesia kembali digugah semangat berprestasinya demi Indonesia dan menorehkan catatan prestasi menggembirakan di ajang Asian Games nanti. Karena itu Bu Menko berharap segala teknis dan tertib administrasi pembinaan serta pelatihan atlet dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

Anggaran pun bisa digunakan secara transparan dan akuntabel. “Asian Games adalah hajatan besar bangsa Indonesia. Jangan sampai terhambat masalah teknis. Makanya presiden telah menandatangani Perpres tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional,” tegasnya.

Perpres ini keluar pada dasarnya untuk menyikapi prestasi atlet pada SEA Games 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News