Puan Maharani: Batik Ekspresi Kebudayaan yang Sangat Kuat

Puan Maharani: Batik Ekspresi Kebudayaan yang Sangat Kuat
Ketua DPR Puan Maharani kerap mengenakan batik dalam berbagai kegiatannya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga mengenakan batik dalam berbagai kegiatan. Menurut Puan, batik adalah kekayaan Bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.

Puan kerap kerap mengenakan batik dalam berbagai agenda kenegaraan, bahkan dalam acara-acara internasional. Menurut Puan, batik mengandung ekspresi kebudayaan masyarakat Indonesia yang sangat kuat.

“Batik harus dilestarikan. Kekayaan bangsa yang harus kita banggakan,” kata Puan, melalui pernyataan tertulis, Jumat (2/10).

Puan Maharani: Batik Ekspresi Kebudayaan yang Sangat Kuat

Pada 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi. Sebelum batik, keris dan wayang sudah lebih dulu masuk daftar ICH UNESCO.

Kini, tanggal 2 Oktober telah ditetapkan menjadi salah satu hari perayaan nasional di Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Budaya TakBenda.

Di setiap tanggal ini, biasanya diperingati dengan gerakan menggunakan batik di seluruh lapisan masyarakat, seperti pejabat pemerintahan, pegawai swasta, hingga di kalangan peserta didik dan pendidik. (dil/jpnn)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga mengenakan batik dalam berbagai kegiatan


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News