Puan Maharani Pimpin Delegasi DPR RI di Forum Parlemen Asia Pasifik

Ketua DPR RI Puan Maharani akan mempromosikan Kesetaraan Gender pada Pertemuan Forum Parlemen Asia Pasifik

Puan Maharani Pimpin Delegasi DPR RI di Forum Parlemen Asia Pasifik
Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Delegasi DPR RI, Sabtu (11/1) berangkat ke Canberra, Australia, untuk mengikuti Pertemuan Tahunan ke-28 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang akan dilaksanakan pada 13-16 Januari 2020. Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin delegasi yang terdiri dari Dr. Azis Syamsudin (F-PG), Dr. Fadli Zon (F-Partai Gerindra), Charles Honoris (F-PDIP), Putu Supadma Rudana (F-PD), Ahmad Hafisz Tohir (F-PAN), Puteri Annetta Komaruddin (F-PG), Himmatul Aliyah F-PGerindra), Mr. Andi Muawiyah Ramly (F-PKB), Mr. Iskan Qolba Lubis (F-PKS) dan Muhammad Iqbal (F-PPP).

Australia sangat mengharapkan kehadiran Ketua DPR Puan Maharani dalam Pertemuan Tahunan ke-28 APPF. Hal itu diungkapkan Acting Ambassador Australia, Allaster Cox dalam pertemuan di Gedung DPR RI, Rabu (8/1).

“Suatu kehormatan bagi Australia untuk menerima kedatangan Ketua DPR RI perempuan pertama Indonesia. Sebagai ketua parlemen yang baru dilantik, pertemuan ini dapat dimanfaatkan Ketua DPR RI untuk menguatkan kerja sama dengan Parlemen-Parlemen di Kawasan Asia-Pasifik,” ungkap Cox.

Dalam pertemuan ini Acting Ambassador Australia itu juga menyampaikan perkembangan terkini Australia dan berdiskusi mengenai persiapan teknis.

APPF merupakan forum kerja sama antarparlemen yang dibentuk pada tahun 1993 di Tokyo, Jepang. Saat ini APPF terdiri dari 27 negara anggota di kawasan Asia-Pasifik. Sebagai forum parlemen regional, APPF merupakan mekanisme dialog untuk isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di kawasan dan turut mendukung hubungan luar negeri antar negara-negara Asia-Pasifik melalui diplomasi parlemen.

Forum kerja sama antar parlemen ini berperan dalam mengambil keputusan strategis bagi kawasan untuk ditindaklanjuti dalam kebijakan di masing-masing parlemen negaranya. APPF merupakan gabungan dari 27 negara Asia-Pasifik yang mewakili 2,7 miliar penduduk dunia dan lebih dari separuh GDP global.

Menurut ketua DPR RI, selama persidangan, delegasi Indonesia akan membahas berbagai isu dalam sesi politik dan keamanan, sesi kerjasama regional dan juga sesi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

“Secara spesifik juga akan dibahas isu-isu kesetaraan gender dalam ekonomi dalam kerangka Women Parliamentarians Meeting. Mekanisme khusus yang secara spesifik mendalami isu-isu perempuan ini merupakan inisiatif DPR RI periode terdahulu dan telah diakui secara resmi dalam Rules of Procedure APPF,” ujar Puan Maharani.

Australia sangat mengharapkan kehadiran Ketua DPR Puan Maharani dalam Pertemuan Tahunan ke-28 Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News