Puan Maharani: Prestasi SEA Games 2017 Strategis Untuk Persiapan Asian Games 2018

Puan Maharani: Prestasi SEA Games 2017 Strategis Untuk Persiapan Asian Games 2018
Menko PMK Puan Maharani memimpin rakor persiapan kontingen SEA Games 2017. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, kontingen Indonesia harus mampu meraih prestasi terbaik di ajang SEA Games 2017 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia 19-31 Agustus.

Mbak Puan berharap, minimal Indonesia bisa melampaui perolehan medali pada ajang SEA Games di Singapura 2015 dengan 47 medali emas.

"Segala persiapan sudah dilakukan, dan dengan itu kami yakin bisa meraih prestasi terbaik. Kami harap posisi Indonesia bisa lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya, sehingga minimal bisa meraih lebih dari 47 emas," ujar Puan usai rapat koordinasi tingkat menteri (RTM) membahas persiapan kontingen SEA Games 2017 di kantor Kemenko PMK Jakarta, Jumat (14/7).

Rapat ini dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Ketua KOI Erick Thorir, serta Chief de Mission (CdM) atau pimpinan kontingen Aziz Syamsuddin.

Puan menjelaskan, upaya meraih target medali ini tentu dilakukan dengan kerja keras. Kementerian Pemuda dan Olahraha dengan Satlat Prima sudah membuat peta cabor mana yang bisa meraih medali emas dan mana yang hanya perak. Bahkan sudah ada treatment terkait cabor mana yang bisa digenjot maksimal sesuai dengan target yang diharapkan.

Indonesia sendiri, ujar Puan, akan memberangkatkan 534 atlet, 55 headquarter serta 166 orang pengurus cabor sehingga total kontingen sekitar 755 orang. "Kami koordinasikan terus karena ajang SEA Games ini juga menjadi salah satu laga penting menjelang 2018, ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games," tegas Puan.

Cucu proklamator kemerdekaan RI Soekarno ini menambahkan, pihaknya sekarang terus memperkuat koordinasi dan persiapan, misalnya di mana atlet akan menginap dan kapan berangkat ke Malaysia. Bahkan koordinasi dengan Duta Besar Indonesia di Malaysia sudah sangat matang dan akan menyambut kontingen Indonesia di sana.

"Dubes Indonesia untuk Malaysia siap menyambut dan akan back up semua. Termasuk bagaimana kontingen Indonesia bisa maksimal dan meningkatkan prestasi di SEA Games kali ini," kata Mbak Puan.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, kontingen Indonesia harus mampu meraih prestasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News