Puan Maharani Tegaskan Dukungan DPR untuk Penguatan Kemaritiman

Puan Maharani Tegaskan Dukungan DPR untuk Penguatan Kemaritiman
Ketua DPR RI Puan Maharani saat memberikan kuliah umum secara daring, Senin (14/9). Foto Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan komitmen dewan dalam mendukung penguatan di bidang maritim.

Komitmen itu salah satunya akan ditunjukkan dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Keamanan Laut yang tengah disusun pemerintah.

“DPR RI berkomitmen tinggi dalam membangun kekuatan nasional di bidang maritim,” kata Puan saat memberikan kuliah umum pada Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 TA 2020, di Jakarta pada Senin (14/9).

Puan menyebutkan, kekuatan nasional di bidang maritim di antaranya diperkuat melalui pembangunan industri pengolahan hasil laut, modernisasi nelayan, penambangan laut, pembangunan pariwisata laut, serta transportasi laut.

“Semuanya itu membutuhkan sistem pertahanan laut yang kuat,” tegas Puan.

Karena itu, DPR akan terus mengoptimalkan tugas konstitusionalnya untuk menjaga laut Indonesia yang mencapai lebih dari 60 persen dari luas wilayah negara ini.

Salah satunya dengan menyerap aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan agar RUU Keamanan Laut menjadi solusi dari berbagai persoalan ketahanan maritim.

“Seperti persoalan illegal fishing, peredaran narkoba melalui laut, serta human trafficking. DPR ingin agar ada UU yang secara menyeluruh dapat melindungi kekayaan maritim Indonesia,” lanjut Puan.

Puan Maharani memberikan kuliah umum pada Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 TA 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News