Puan Minta Mentan Amran Sulaiman Memaksimalkan Kedaulatan Pangan

Puan Minta Mentan Amran Sulaiman Memaksimalkan Kedaulatan Pangan
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pesan kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Puan berpesan kepada Mentan Amran Sulaiman agar memaksimalkan program-program kedaulatan pangan. Hal itu demi terciptanya kemandirian pangan.

Cucu Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno atau Bung Karno ini mengatakan bahwa kedaulatan pangan itu penting agar Indonesia tidak lagi bergantung pada produk-produk impor yang dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia.

"Jadi, pekerjaan penting menteri pertanian adalah memaksimalkan program kedaulatan pangan,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (25/10).

Puan menilai salah satu pekerjaan rumah mentan baru saat ini adalah menjaga ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan global. Dia mengingatkan akan pentingnya peningkatan produktivitas pertanian demi menjaga stabilitas harga pangan di pasaran.

"Saat ini kita ketahui harga kedelai tengah naik, yang berimbas harga tahu tempe pun ikut naik. Jadi, prioritas utama adalah menjaga ketahanan pangan dalam negeri yang dapat dilakukan dengan meningkatkan setiap produksi komoditas pertanian," ungkapnya.

Apalagi, lanjut Puan, saat ini Indonesia ikut merasakan imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menyebabkan sejumlah harga komoditas pangan ikut naik.

Puan lantas berharap setiap kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah dapat mendukung kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

Puan berpesan kepada Mentan Andi Amran Sulaiman agar memaksimalkan kedaulatan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News