Puan Minta Pemerintah Bertindak Cepat Atasi Penyakit PMK

Puan Minta Pemerintah Bertindak Cepat Atasi Penyakit PMK
Dokumentasi - Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah bertindak cepat mengatasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak yang terjadi di sejumlah daerah.

Menurut Puan, apabila PMK tak segera dituntaskan maka dikhawatirkan dapat berdampak terhadap rantai pasokan daging, terlebih saat menghadapi IdulAdha.

“Kami berharap pemerintah serius menangani penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang telah menjangkiti ternak hwan di berbagai daerah, termasuk wilayah sentra hewan ternak,” ujar Puan, Rabu (18/5/2022).

Puan ingin memastikan stok hewan ternak untuk keperluan kurban pada hari raya Iduladha tahun ini aman walaupun PMK tengah merebak.

"Jika pengendalian PMK tak dilakukan dengan baik, peternak akan terpuruk dan pastinya akan mengganggu rantai pasok daging yang ujungnya berpengaruh kepada masyarakat,” imbuh perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan juga meminta pemerintah memperhatikan kegelisahan peternak yang daerahnya belum ada penyebaran PKM.

Dia mendorong pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah melakukan antisipasi.

“Meskipun persentase kematian terhadap hewan ternak akibat PMK tidak terlalu tinggi, apabila tidak diatasi dengan optimal akan membuat harga ternak jatuh dan mempengaruhi pasokan daging,” sebut Puan.

Puan Maharani meminta pemerintah bertindak cepat mengatasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak yang terjadi di sejumlah daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News