Puasa, Buang Ampas Metabolisme

Puasa, Buang Ampas Metabolisme
Puasa, Buang Ampas Metabolisme
JAKARTA -- Dr Phaidon L Toruan MM, penulis buku Performance Nutrition, berbagi tips agar tetap memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa. Pakar metode diet itu mengatakan, tips yang disajikan di bawah ini merupakan tips yang dia sampaikan kepada para atlet nasional.

"Tips ini berdasarkan pengalaman saat program pelatihan atlit nasional yang mana saya berperan sebagai Conditioning coach," ujar pelatih fisik timnas sepkabola dan juga  ahli nutrisi Persib itu dalam penjelasannya yang diterima JPNN, Senin (9/8).

Tips agar bugar tetap bugar saat puasa adalah. Pertama, mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah. "Dengan demikian gula darah tidak mengalami fluktuasi yang tinggi. Gula darah stabil, dan ini sangat membantu metabolisme energi tubuh," terang Healthy Lifestyle Doctor itu. Menu karbohidrat ideal sahur adalah ubi, jagung, singkong oatmeal, roti gandum, nasi merah.

Kedua, mengkonsumsi buah dan sayuran saat sahur. Puasa bagi tubuh adalah program detoksifikasi. Usus besar diistirahatkan, dan tubuh berkesempatan membuang ampas metabolisme. "Sisa-sisa makanan khususnya daging yg membusuk di usus besar bisa dibersihkan. Alat pembersih utamanya adalah serat tidak larut yg terdapat dalam sayuran. Sementara buah mensuplai antoksidan yang selain untuk kebutuhan sehari-hari, juga membantu detoksifikasi seluler," terangnya.

JAKARTA -- Dr Phaidon L Toruan MM, penulis buku Performance Nutrition, berbagi tips agar tetap memiliki tubuh yang bugar saat berpuasa. Pakar metode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News