Pujian Anies: Pak Basuki Putra Terbaik Bangsa

Pujian Anies: Pak Basuki Putra Terbaik Bangsa
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama paslon nomor urut tiga, Ketua Partai Pendukung dan Timses paslon nomor urut tiga memberikan keterangan pers hasil hitung cepat di Kertanegara, Jakarta, Rabu (19/4). Paslon Anies-Sandi unggul dari paslon Ahok-Djarot dalam perhitungan cepat. Foto by: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Persaingan perebutan kursi DKI-1 seolah tuntas setelah seluruh lembaga survei yang melakukan hitung cepat pada Pilkada DKI Putaran II mengumumkan hasilnya.

Pasangan nomor uruta tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dinyatakan unggul. Selisihnya pun cukup jauh di antara 15 persen sampai 17 persen.

Sang petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat legawa atas quick count dan mengucapkan selamat kepada rivalnya. Hanya saja masih menunggu seluruh proses tahapan Pilkada yang digelar KPU DKI, termasuk rekapitulasi suara.

Seluruh lembaga survei mencatat kemenangan mutlak untuk Anies. Misalnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), mencatat pasangan Ahok-Djarot mendapatkan 41,9 persen suara, Anies Sandi 58,1 persen.

PolMark Indonesia, mencatat petahana meraih 42,44 persen suara sedang Anies-Sandi menang dengan perolehan 57,56 persen. LSI Denny JA, pasangan nomor dua mendapatkan 42,33 persen, sedangkan pasangan nomor tiga 57,67 persen.

Sementara, Indikator mencatat hasil tak jauh berbeda: Ahok-Djarot 42.11 persen dan Anies-Sandi 58.88 persen. Charta Politika, Ahok Djarot 42.13 persen dan Anies Sandi 57.87 persen. Hasil perhitungan di atas didapat setelah lembaga survei ini mendapatkan 100 persen data dari lapangan.

Meski menang di seluruh hitung cepat, Anies tidak jumawa. Dia justru menebar pesan persatuan dengan menyatakan kalau dirinya tidak akan bermusuhan dengan yang kalah. Bahkan, mantan menteri pendidikan itu tidak ragu menyebut kalau Ahok adalah salah satu putra terbaik bangsa.

"Kita akan terus bersahabat, kita akan terus berteman. Pak Basuki Pak Djarot adalah putra terbaik bangsa Indonesia yang sudah mengabdi (Gubernur Jakarta)," kata Anies di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin.

Persaingan perebutan kursi DKI-1 seolah tuntas setelah seluruh lembaga survei yang melakukan hitung cepat pada Pilkada DKI Putaran II mengumumkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News