Pulang dari Rusia, Ratusan Fan Finlandia Kena Covid-19

Pulang dari Rusia, Ratusan Fan Finlandia Kena Covid-19
Layar besar di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, memperlihatkan hasil tinjauan VAR yang menganulir gol tim nasional Finlandia dalam pertandingan lanjutan Grup B Euro 2020 melawan Rusia pada Rabu (16/6). Foto: ANTARA/REUTERS/Anton Vaganov

jpnn.com, SAINT PETERSBURG - Ratusan pendukung Timnas Finlandia yang melakukan perjalanan ke Rusia untuk mendukung tim kesayangan mereka saat melawan Belgia pada matchday terakhir Grup B EURO 2020 di Saint Petersburg, Selasa (22/6) positif terpapar COVID-19.

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin beserta otoritas kesehatan Finlandia (THL) menyerukan agar seluruh warga yang sudah kembali ke rumah setelah menyaksikan laga Finlandia versus Belgia itu melakukan tes COVID-19.

“Seluruh suporter Finlandia harus melakukan tes COVID-19,” kata PM Sanna Marin dalam pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels, seperti dikutip AFP, Jumat.

“Dengan begitu, setiap orang dapat segera diidentifikasi dan virusnya tidak makin menyebar luas,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil tes COVID-19 yang digelar di pos yang berada di sepanjang perbatasan wilayah Finlandia dengan Rusia, sejauh ini tercatat ada 86 kasus positif, dan tes tersebut masih terus berlangsung.

Menurut media setempat, ada sekitar 3.000 pendukung Finlandia yang melintasi perbatasan tersebut, yang membuat pejabat lokal mengizinkan 800 orang memasuki negara itu tanpa menjalani tes terlebih dahulu.

Rusia, pada Kamis (24/6), melaporkan lebih dari 20.000 kasus infeksi virus corona baru dan 568 orang meninggal dunia.

Jumlah ini melonjak pesat, sama seperti yang terjadi pada Januari 2021 saat Rusia gencar memerangi wabah virus corona varian Delta.

PM Finlandia meminta warganya yang baru pulang dari Rusia menonton laga EURO 2020 segera tes Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News