Puluhan Kasus Covid-19 Varian Baru Terdeteksi di DKI Jakarta, Paling Banyak Delta

Kamis, 24 Juni 2021 – 19:12 WIB
Puluhan Kasus Covid-19 Varian Baru Terdeteksi di DKI Jakarta, Paling Banyak Delta - JPNN.com
Waspada varian baru corona. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 70 kasus Covid-19 varian baru terdeteksi di DKI Jakarta.

Awalnya Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap 987 sampel terduga mutasi virus tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 70 sampel dinyatakan sebagai Covid-19 varian baru.

Kasus Covid-19 varian baru itu teridentifikasi terdapat yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri (kasus impor) dan transmisi lokal.

"Dari 70 VoC (Variant of Concern) tersebut, telah diidentifikasi bahwa 33 kasus memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri (kasus impor), 19 transmisi lokal varian Delta di DKI Jakarta," kata Dwi dalam keterangan tertulis, Kamis (24/6).

"Sepuluh transmisi lokal varian Delta di Debotabek yang mana pemeriksaannya dilakukan di Jakarta, dan delapan kasus masih dalam proses verifikasi apakah merupakan varian Delta dari luar negeri atau transmisi lokal," imbuhnya.

Dwi menambahkan bahwa dari 70 kasus itu paling banyak varian Delta.

"Adapun rincian 70 VoC tersebut, yakni 12 varian Alpha (B.117), 3 varian Beta (B.1.351), 55 varian Delta (B.1617.2)," ujar Dwi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...