Puluhan Ketua RT/RW Kelurahan 36 Ilir Bakal Tes Urine, Ada Apa?

Puluhan Ketua RT/RW Kelurahan 36 Ilir Bakal Tes Urine, Ada Apa?
Tim gabungan saat melakukan penggerebekan kampung narkoba, Jumat (26/3). Foto: Polres Ogan Ilir/Palpos.Id

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, gencar membersihkan kampung-kampung di kota tersebut dari peredaran narkoba. Salah satunya langkah awal adalah dengan menggelar tes urine kepada perangkat desa setempat.

Setelah sebelumnya di Kelurahan 29 Ilir, kali ini Kampung Bersih Narkoba (Bersinar) akan dilakukan di Kelurahan 36 Ilir.

Kelurahan 36 Ilir sendiri sempat jadi buah bibir warga Palembang bahkan nasional, setelah adanya penggerebekan narkoba berskala besar di kawasan tersebut.

Plt Kepala Kesbangpol Kota Palembang, Herly Kurniawan mengatakan, sebagai tahap awal adanya Kampung Bersinar, pihaknya melakukan tes urine kepada sekitar 50 Ketua RT/RW dari Kelurahan 36 Ilir.

“Nantinya mereka ini akan menjadi relawan kami untuk mengampanyekan bahaya narkoba dan bersama-sama Pemkot Palembang untuk memerangi narkoba di kampungnya,” kata Herly, Kamis (29/04/2021).

Herly mengakui, adanya sebutan Kampung Narkoba di Kelurahan 36 Ilir pascapenggerebekan narkoba di kawasan tersebut, berdampak pada stigma negatif di kampung tersebut.

“Ini sangat kami sayangkan, karena di kampung ini juga banyak lahir ulama besar, ada juga pejabat. Dan masih banyak masyarakatnya yang tidak menggunakan narkoba. Karena itu, dengan dibentuknya kampung Bersinar ini, kami harap dapat kembali membersihkan nama kampung tersebut, bukan sebagai kampung narkoba lagi,” harapnya.

Sementara Ketua RT 33 Kelurahan 36 Ilir, Sultan Zaidi menyambut baik dengan adanya tes urine ini.

Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, gencar membersihkan kampung-kampung di kota tersebut dari peredaran narkoba. Salah satunya langkah awal adalah dengan menggelar tes urine kepada warga setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News