Puluhan Peserta Reuni 212 dari Luar Jakarta Diperiksa Polisi, Didominasi Pemuda

Puluhan Peserta Reuni 212 dari Luar Jakarta Diperiksa Polisi, Didominasi Pemuda
Lima bocah laki-laki yang hendak ikut reuni 212 saat di Mapolsek Cakung, Jakarta Timur, Kamis (2/12). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan puluhan orang dari luar wilayah DKI Jakarta yang hendak mengikuti Reuni 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, masih menjalani pemeriksaan, Kamis.

"Ada 20 sampai 30 orang yang dimintai keterangan, ada beberapa, ditanya asalnya dari mana, KTP-nya mana, tujuannya apa, sudah tahu belum ini dilarang pemerintah begitu," kata Zulpan di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan puluhan orang yang diperiksa dan didata oleh petugas tersebut didominasi oleh pemuda yang berasal dari wilayah di sekitar Jakarta.

"Anak-anak muda, berasal dari luar Jakarta, Cianjur, begitu," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, para pemuda tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa Reuni 212 batal digelar di Patung Kuda karena tidak mendapatkan izin.

Para pemuda tersebut kemudian dipulangkan setelah diberikan imbauan untuk tidak menimbulkan kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan.

Polda Metro Jaya menyatakan perizinan kegiatan Reuni 212 di wilayah Patung Kuda, Jakarta Pusat, merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Patung Kuda ini tidak di bawah Polda Metro izinnya. Tetapi pemerintah daerah. Nah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak mengeluarkan izin," kata Zulpan.

Puluhan orang dari luar wilayah DKI Jakarta yang hendak mengikuti Reuni 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, masih menjalani pemeriksaan.