Puluhan Polisi Siap Menilang di Tol Jakarta-Cikampek

Puluhan Polisi Siap Menilang di Tol Jakarta-Cikampek
Kondisi ruas tol Jakarta-Cikampek. Foto GoBekasi

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 85 Polisi Lalu Lintas akan bersiaga mengawasi implementasi aturan ganjil-genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur menuju Tol Jakarta-Cikampek.

Mereka siap menilang pegendara jika kedapatan menyalahi aturan. Tilang tersebut masuk dalam pelanggaran rambu lalu-lintas.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, 85 petugas yang diterjunkan akan mengawasi di GT Bekasi Barat dan Bekasi Timur, juga di sejumlah titik krusial.

Dia menjelaskan, penertiban dari penerapan sistem ganjil genap dilakukan sesuai prosedeur yang ada. Misalnya, jika ada mobil yang pelat nomornya tidak sesuai dan terlanjur masuk, maka mobil tersebut akan disuruh keluar.

“Jika ada yang bandel terlanjur masuk nanti ada u-turn yang telah tersedia di depan, pengendara harus mutar balik,” kata Royke di GT Bekasi Barat, Kamis (5/2).

Namun, kata Royke, petugas bisa saja memberlakukan tilang sebagai tindakan akhir bagi pelanggar. Tilang tersebut adalah kategori pelanggaran rambu lalu-lintas.

“Penindakan sesuai rambu melanggar rambu nanti ditilang, tapi itu upaya terakhir. Pasti ada petugas di titik-titik krusial,” tegas dia.

Royke mengaku, ada kesulitan tersendiri dalam mengawasi aturan ganjil genap jika dilihat dengan mata telanjang.

Polisi siap menilang pegendara jika kedapatan menyalahi aturan. Tilang tersebut masuk dalam pelanggaran rambu lalu-lintas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News