Puluhan Turis Tak Diketahui Nasibnya Pascaletusan Gunung White Island

Puluhan Turis Tak Diketahui Nasibnya Pascaletusan Gunung White Island
Sejumlah turis dievakuasi dari kawah Gunung White Island setelah terjadi letusan, Senin (9/12). Foto: Reuters

jpnn.com, WELLINGTON - Setidaknya lima orang tewas dan 20 lainnya terluka akibat meletusnya Gunung White Island di perairan Selandia Baru, Senin (9/12). Para korban adalah turis yang tengah berwisata di gunung berapi tengah laut tersebut.

Menurut keterangan polisi, sekitar 50 turis berada di pulau saat letusan terjadi. Beberapa di antaranya adalah warga negara asing.

Saat ini sebanyak 23 orang telah berhasil dievakuasi. Namun, sisanya diperkirakan masih berada di sekitar area letusan.

"Kami tidak yakin bagaimana kondisi mereka (korban terjebak)," ujar wakil komisaris polisi setempat John Tims kepada wartawan.

Menurut dia, petugas penyelamat saat ini tidak bisa masuk ke area terdampak letusan. "Situasi di sana tidak memungkinkan kami kembali," jelas dia.

Dari video yang tersebar di dunia maya, terlihat asap putih tebal menyelimuti pulau seluas 325 hektar itu. Asap seperti kapas kemudian membumbung tinggi ke langit sementara orang-orang berlarian ke pinggiran pantai menunggu bantuan.

White Island merupakan gunung berapi paling aktif di Seladia Baru. Baru-baru ini, para almuan mencatat adanya peningkatan aktivitas vulkanik di pulau sebelah utara dari pulau utama Selandia Baru itu. (ant/dil/jpnn)

Setidaknya lima orang tewas dan 20 lainnya terluka akibat meletusnya Gunung White Island di perairan Selandia Baru, Senin (9/12).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News