Gunung Agung Meletus, Semburkan Lava Pijar Sejauh 3 Km

Gunung Agung Meletus, Semburkan Lava Pijar Sejauh 3 Km
Gunung Agung meletus. Foto: I Made Martawan/Bali Express)

jpnn.com, BALI - Gunung Agung kembali meletus. Gunung yang terletak di Karangasem Bali ini erupsi pada Jumat (24/5) sekitar pukul 19:23 WIB.

Letusan Gunung Agung mengagetkan warga sekitar. Tak hanya mengeluarkan suara gemuruh, gunung tertinggi di Bali ini juga melontarkan lava pijar sejauh 2,5 km hingga 3 km.

Semburan lava pijar dari puncak kawah nyaris mendekati Pura Pasar Agung di Desa Sebudi, Kecamatan Selat.

Perbekel Sebudi Komang Tinggal mengatakan, lontaran lava pijar terlihat jelas sampai di barat dan timur pura.

BACA JUGA: Waspada! Erupsi Gunung Agung Keluarkan Dentuman Sejauh 15 Km

“Saya lihat dari rumah, Pura Pasar Agung seperti dikurung api. Syukur tidak sampai mengenai pura,” ujar Tinggal yang rumahnya di Dusun Pura, Desa Sebudi, atau sekitar 6 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.

Ia mengaku getaran erupsi terasa sangat keras, hingga membuat warga berhamburan keluar rumah. “Saya kira pintu gerbang rumah roboh. Pokoknya suaranya sangat keras,” ujar Tinggal dilansir Jawa Pos Bali Express, Jumat (24/5).

Meski demikian, warga yang mulai paham dengan kondisi Gunung Agung tidak terburu-buru meninggalkan kampungnya. Hasil koordinasi dengan masing-masing kepala dusun di wilayah Desa Sebudi, hanya beberapa warga yang memilih keluar kampung.

Tidak hanya mengeluarkan suara gemuruh, gunung tertinggi di Bali ini juga melontarkan lava pijar sejauh 2,5 km hingga 3 km.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News