Pekik Merdeka di Puncak Pulau Dewata Pada Hari Pertama 2022

Pekik Merdeka di Puncak Pulau Dewata Pada Hari Pertama 2022
Hasto Kristiyanto (duduk paling kanan) di Puncak Gunung Agung pada 1 Januari 2022. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com - Dua jam sebelum Tahun Baru 2022, puluhan pendaki dan peziarah berkumpul di Pura Pasar Agung, Kabupaten Karangasem, Bali. Di antara pendaki itu ada Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menjejakkan kakinya di ketinggian lebih dari 3.000 meter  untuk melafalkan doa.

Fathan Sinaga, Karangasem

HAWA dingin menyelubungi Pura Pasar Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, pada malam terakhir 2021. Suhunya sekitar 14 derajat Celsius.

Namun, dingin yang menusuk tulang tak menghalangi puluhan penganut Hindu memenuhi pura yang terletak di Desa Sebudi, Kecamatan Selat, itu. Mereka bersembahyang.

Pemimpin doanya ialah Ratu Bhagawan. Dalam persembahyangan itu ada doa untuk Hasto Kristiyanto yang akan segera mendaki Gunung Agung.

Ratu Bhagawan, sosok yang sangat dihormati Hasto, terlihat memegang lonceng. Sesekali dia membunyikan lonceng setelah merapal doa.

Selanjutnya, pemuka agama itu memberikan dupa dan memercikkan air kepada para peserta persembahyangan. Bhagawan juga menyematkan beras ke jidat peserta ritual itu.

Hasto mendaki Gunung Agung bersama lima koleganya sesama mahasiswa S3 Universitas Pertahanan (Unhan). Jarum pendek di arloji terus menjauh dari angka 10, sehingga Hasto dan para pendaki lainnya pun bergerak meninggalkan Pura Pasar Agung.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melewati pergantian tahun dari 2021 ke 2022 dengan mendaki Gunung Agung di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News