Tersesat di Gunung Agung, WN Amerika Serikat Dievakuasi Basarnas Bali

Tersesat di Gunung Agung, WN Amerika Serikat Dievakuasi Basarnas Bali
Basarnas Bali saat mengevakuasi WNA asal Amerika Serikat di Gunung Agung, Karangasem, Rabu (14/6/2023). ANTARA/Ho-Basarnas Bali.

jpnn.com - KARANGASEM - Seorang warga negara Amerika Serikat berinisial GS (22) yang tersesat di Gunung Agung, Karangasem, Bali, sejak Selasa (13/6), akhirnya dievakuasi oleh Basarnas Bali.

Proses evakuasi WN Amerika Serikat itu berlangsung sekitar enam jam.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem Basarnas Bali I Gusti Ngurah Eka mengatakan warga negara asing (WNA) itu ditemukan sekitar pukul 01.55 WITA oleh Tim SAR Gabungan di ketinggian 1.700 Mdpl.

“Kondisi target sangat sehat akan tetapi sempat kedinginan, kami buatkan api unggun. Setelah diberikan minum dan makanan hingga fisiknya siap, korban bersama Tim SAR Gabungan menuruni Gunung Agung menuju pos,” kata dia di Karangasem, Rabu (14/6).

Proses evakuasi berlangsung sekitar enam jam, yang mana sembilan personel Basarnas Bali tiba di Pos Pendakian Pura Pasar Agung pada pukul 22.50 WITA dan mendaki sekitar 10 menit setelah bersiap.

Ngurah Eka menuturkan kondisi cuaca ketika itu berawan dengan suhu kisaran 19-23 derajat selsius, dan ketika tim berada di ketinggian 2.000 Mdpl mereka turun karena mendapat informasi bahwa korban mengirim lokasi keberadaannya.

“Posisi korban berada pada ketinggian 1.790 Mdpl dan masih bisa berkomunikasi serta menginformasikan posisinya. Lokasi korban tidak bisa langsung diakses. Jadi, Tim SAR Gabungan mendaki sampai dengan 2.000 Mdpl, selanjutnya turun mencari jalur hingga mencapai posisi korban,” ungkapnya.

Setelah menemukan korban, Basarnas Bali membawa WNA Amerika berjenis kelamin laki-laki itu menuju Pos Pendakian Pura Pasar Agung selama empat jam sehingga proses berakhir pukul 04.45 WITA.

Proses evakuasi WN Amerika Serikat yang tersesat di Gunung Agung, Karangasem, Bali, berlangsung sekitar enam jam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News