Puluhan Warga Mengungsi Pascabanjir Susulan di Desa Toure Sulteng

Puluhan Warga Mengungsi Pascabanjir Susulan di Desa Toure Sulteng
Warga berjalan di genangan air di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yang kembali dilanda banjir susulan, Minggu (14/8/2022). ANTARA/HO-Satrimawan

jpnn.com, PALU - Banjir kembali menerjang Desa Toure, Kecamatan Toure, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (14/8). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong menyatakan kurang lebih 30 warga Desa Torue mengungsi akibat banjir susulan tersebut. 

"Sebanyak 30 orang perempuan dan anak-anak mengungsi di kantor desa. Laki-laki pulang jaga rumah mereka, khawatir jangan sampai ada orang-orang tertentu memanfaatkan situasi ini (untuk) mencuri," kata Sekretaris BPBD Parigi Moutong Moh Rivai dihubungi dari Palu, Minggu (14/8). 

Banjir susulan disertai lumpur terjadi pada Minggu pukul 13.00 WITA merendam pemukiman warga di Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 5 mengakibatkan kendaraan tidak dapat melintas karena aliran air cukup deras.

"Saat ini situasi berangsur kondusif. Rumah-rumah warga yang masih terendam lumpur besok dilanjutkan pembersihan," ujar Rivai.

Dia mengatakan puluhan pengungsi yang berada di posko pengungsian telah diberikan makanan siap saji, termasuk warga yang bertahan di rumah. 

Sebagian warga dibantu sukarelawan Minggu sore mulai membersihkan rumah mereka dari genangan air disertai lumpur.

Dia menjelaskan saat ini ini status tanggap bencana masih berlaku di Desa Torue. 

Banjir kembali menerjang Desa Toure, Kecamatan Toure, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (14/8). Puluhan warga mengungsi pascabanjir itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News