Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-4

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi H-4
Pelabuhan Merak. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, CILEGON - Jumlah pemudik yang melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Merak diprediksi akan mengalami kenaikan dari 15 hingga 20 persen. Puncak lonjakan pemudik diperkirakan akan terjadi pada H-5 dan H-4 hari raya Idul Fitri.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Solikin menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi arus mudik tahun lalu, puncak lonjakan pemudik terjadi pada H-3 hari raya Idulfitri, dimana selama satu hari tercatat pemudik sebanyak 170 ribu orang baik pejalan kaki maupun di atas kendaraan.

“Dengan prediksi peningkatan 17 persen, diperkirakan pada H-5 dan H-4 hari raya Idulfitri nanti kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak akan lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Solikin, akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Kemenhub Atur Strategi Penyeberangan di Merak - Bakauheni Selama Arus Mudik

Guna mengantisipasi hal itu, menurut Solikin, seluruh operator kapal akan mengoperasikan kapal-kapal berukuran besar, dimana setiap kapal mampu menampung 350 kendaraan roda empat dan 1.800 roda dua. “Sehingga satu kali angkut banyak,” ujar Solikin.

Pemudik akan didistribusikan ke enam dermaga yang ada di Pelabuhan Merak. Keenamnya yaitu Dermaga I, Dermaga II, Dermaga III, Dermaga V, Dermaga VII, dan Terminal Eksekutif di Dermaga VI.

“Dermaga VII, pada fix season akan kita khususkan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor,” tuturnya.

Kemudian, agar proses distribusi pemudik lancar, ASDP menyiapkan 24 loket penumpang, 25 loket untuk sepeda motor, dan tujuh gate untuk kendaraan roda empat dengan sistem tiket non-tunai. (bay/rb)


Jumlah pemudik yang melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Merak diprediksi akan mengalami kenaikan dari 15 hingga 20 persen.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News