Puncak Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Pimpin Upacara dan Ziarah Makam

Selasa, 10 November 2020 – 16:41 WIB
Puncak Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Pimpin Upacara dan Ziarah Makam - JPNN.com
Mensos Juliari P Batubara di Istana Negara, Jakarta. Foto: dok/Kemensos RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin puncak peringatan Hari Pahlawan (Harwan) 2020 berupa upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta pada Selasa (10/11).

Pada puncak peringatan Harwan 2020, Presiden Jokowi bertindak selaku Inspektur Upacara dengan didampingi Wakil Presiden Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Saat itu juga hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Presiden, para pejabat dan undangan dengan khidmat mengikuti rangkaian acara berupa penghormatan kepada pahlawan, mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya disertai membunyikan sirine.

Selanjutnya Kepala Negara memimpin hening cipta selama 60 detik, dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga diikuti pembacaan doa oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Setelah itu Presiden, Wakil Presiden dan para menteri melakukan tabur bunga.

Presiden dan Wakil Presiden melakukan tabur bunga di makam BJ Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusuma, Soedarmono, Adam Malik, dan Pahlawan Revolusi.

Setelah rangkaian acara selesai, Presiden dan rombongan bergerak menuju Istana negara. Seluruh rangkaian acara ini diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Di mana semua yang hadir mengenakan masker dan menjaga jarak.

Di Istana Negara, Presiden menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional 2020 sebagaimana tertuang dalam Keppres 117/PK/2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...