Punya Galangan Kapal, Samudera Indonesia tak Perlu Pesan ke Jepang

Punya Galangan Kapal, Samudera Indonesia tak Perlu Pesan ke Jepang
Ilustrasi. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menggandeng Tsuneishi Shipbuilding untuk membangun galangan kapal. Sebab, kebutuhan galangan untuk produksi kapal maupun bengkel kapal di Indonesia sangat besar.

’’Secara umum, demand (permintaan, Red) dan kapasitas galangan itu lebih tinggi,’’ kata Managing Director SMDR Bani M. Mulia di kantornya kemarin (14/9).

Minimnya kapasitas galangan kapal menjadi salah satu faktor industri perkapalan di Indonesia kalah bersaing jika dibandingkan dengan Singapura.

Imbasnya, biaya logistik lebih besar. ’’Kami juga pelaku bisnis galangan. Tapi, kapasitasnya belum bisa mencukupi kebutuhan,’’ ujarnya.

Selama ini Samudera Indonesia menjadi pelanggan Tsuneishi. Salah satu pesanan Samudera Indonesia ke Tsuneishi adalah kapal tanker kelas menengah atas yang dikirimkan pada akhir Oktober mendatang.

Rencananya, Tsuneishi dan Samudera Indonesia berkongsi dengan komposisi saham 75:25.

Meski secara persentase minoritas, tawaran joint venture dari Tsuneishi disambut Samudera Indonesia untuk memaksimalkan kapasitas galangan kapal Indonesia, serta melakukan transfer pengetahuan tentang produksi dan reparasi kapal.

Dengan punya galangan kapal sendiri, Samudera Indonesia tidak perlu lagi memesan ke Jepang. Selain itu, pihaknya bisa melayani pesanan pelanggan lain.

JAKARTA – PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menggandeng Tsuneishi Shipbuilding untuk membangun galangan kapal. Sebab, kebutuhan galangan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News