Punya Info Donasi IHR di Suriah? Please Bagi ke Polri

Punya Info Donasi IHR di Suriah? Please Bagi ke Polri
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JPNN.Com - Bantuan kemanusian dari Indonesian Humanitarian Relief (IHR) untuk warga Aleppo, Suriah dikabarkan jatuh ke tangan kelompok kombatan. Hal itu terlihat dari video Euronews yang menunjukkan bantuan masyarakat Indonesia melalui IHR justru berada di berkas markas kelompok bersenjata Jaysh Al Islam yang sedang memerangi pemerintah Suriah.

Polri pun tengah mendalami persoalan itu. Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli mengatakan, Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) tengah mengumpulkan informasi tentang penyebab bantuan dari organisasi pimpinan Ustaz Bachtiar Nasir itu jatuh ke tangan kelompok bersenjata di Suriah.

Menurut Boy, masyarakat yang punya informasi soal itu bisa membaginya ke Bareskrim. Sebab, Polri memang membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya soal bantuan yang bersumber dari donasi masyarakat itu.

"Silakan masyarakat yang mempunyai informasi masalah itu bisa memberikan sharing kepada penyidik di Bareskrim Polri. Latar belakang, tujuan, sumbernya, dikirim kepada siapa saja, mungkin ada pengirimnya ya," kata Boy di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/12).

Boy menjelaskan, Polri memang belum menemukan titik terang mengenai bantuan IHR yang bisa sampai di tangan kelompok bersenjata. Apalagi informasinya tersebar melalui media sosial.

Lantas, apakah Polri akan memanggil Bachtiar Nasir? "Belum ada (panggilan)," imbuhnya.

Menurutnya, Polri masih pada tahap menggali akurasi informasi itu. “Caranya adalah mengumpulkan bahan keterangan, mengumpulkan informasi yang relevan, konfirmasi, klarifikasi, untuk mengumpulkan fakta-fakta sebenarnya seperti apa. Ini masih berjalan," pungkas Boy.

JPNN.Com - Bantuan kemanusian dari Indonesian Humanitarian Relief (IHR) untuk warga Aleppo, Suriah dikabarkan jatuh ke tangan kelompok kombatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News