JPNN.com

Pupuk Kaltim Jamin Ketersediaan Pupuk Jelang Musim Tanam

Kamis, 16 Januari 2020 – 22:59 WIB Pupuk Kaltim Jamin Ketersediaan Pupuk Jelang Musim Tanam - JPNN.com
Petugas di salah satu gudang PT Pupuk Kaltim. Foto: dok. Pupuk Kaltim

jpnn.com, JAKARTA - Pupuk Kaltim memastikan penyaluran pupuk bersubsidi di daerah saat ini aman untuk menghadapi musim tanam periode Oktober - Maret (MT Okmar).

GM Pemasaran PSO Pupuk Kaltim M Yusri mengatakan, saat ini stok urea di wilayah tanggung jawab BUMN ada 230.173 ton dan NPK 37.516 ton, jauh di atas ketentuan Pemerintah.

“Hingga pekan kedua 2020, Pupuk Kaltim telah menyalurkan pupuk bersubsidi sebanyak 28.029 ton dengan rincian Urea 27.195 ton dan NPK 834 ton,” kata Yusri dalam siaran tertulisnya, Kamis (16/1).

Menurut Yusri, penyaluran pupuk bersubsidi di daerah sudah mulai dilakukan sejak terbitnya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Tahun 2020.  Dia memerinci realisasi penyaluran pupuk urea di Nusa Tenggara Barat sebanyak 11.265 ton, Sulawesi Selatan 7.890 ton dan Jawa Timur sebanyak 6.326 ton.

Sedangkan untuk pupuk NPK bersubsidi, di wilayah Kalimantan Selatan telah disalurkan sebanyak 680 ton, Kalimantan Tengah sebanyak 88 ton dan Kalimantan Timur sebanyak 66 ton.

“Kami berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan petani, dan kelancaran  penyaluran pupuk bersubsidi di daerah, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang menjadi dasar dalam penyaluran pupuk bersubsidi,” jelas Yusri.

Sesuai Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 1 Tahun 2020, penyaluran pupuk bersubsidi ke petani harus menggunakan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK ) dari yang sebelumnya menggunakan RDKK manual.

“Hingga saat ini masih banyak E-RDKK tahun 2020 yang belum tersedia di kios pengecer, karena masih dalam proses penyusunan oleh Dinas Pertanian di daerah,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...