Pushidrosal - Garmin Italia Sepakat Menggunakan Peta Laut RI

Pushidrosal - Garmin Italia Sepakat Menggunakan Peta Laut RI
Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro dan Andrew Etkind (Vice president-General Council and Secretary Garmin) meneken perjanjian kerja sama penggunaan peta laut Indonesia di Kantor Navionics, Lucca, Italia. Foto: Pushidrosal

jpnn.com, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan peran di level internasional khususnya dalam penyediaan data keselamatan navigasi dan pelayaran, Pushidrosal telah melakukan kerja sama untuk penggunaan peta laut Indonesia pada produk-produk alat navigasi (GPS) rekreasi yang diproduksi oleh Garmin.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan Kepala Pushidrosal, Laksda TNI Dr. Harjo Susmoro dan Mr. Andrew Etkind (Vice president – General Council and Secretary Garmin) di Kantor Navionics, Lucca, Italia pada Kamis (2/8/2018).

Penandatangan tersebut sebagai wujud kesepakatan bersama untuk melaksanakan kerja sama meliputi pendistribusian dan pemanfaatan data peta laut untuk kepentingan rekreasi, olahraga perairan serta kesehatan (fitness) melalui Penandatanganan kerja sama “The Usage of Pushidrosal Nautical Chart Data Contained In Garmin and Navionics Derivative Products.”

Saat berkunjung ke perusahaan Navionics - Garmin Italy, Kapushidrosal memperoleh kesempatan untuk mengunjungi fasilitas perusahaan serta kemampuan yang dimiliki oleh Navionics sekaligus melaksanakan studi banding tentang tata kelola data pemetaan serta manajemen produksi derifatif alat bantu navigasi rekreasi oleh perusahaan Garmin. Mulai dari pembuatan derivative product sampai dengan model pendistribusian serta pemasaran yang dilaksanakan oleh Navionics – Garmin Italy dalam mengembangkan kemampuan daya saing serta inovasi produksi perusahaan tersebut.

Menurut Kapushidrosal, kerja sama antara Pushidrosal dan Garmin juga memiliki arti penting tidak hanya merupakan upaya peningkatan kerja sama kedua pihak saja, akan tetapi juga dapat dikembangkan lebih jauh lagi sebagai bagian dari upaya peningkatan kemampuan serta produksi kelembagaan untuk dapat menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas. Termasuk up to date produk sehingga memiliki nilai jual yang tinggi setara dengan produk negara besar maritim lainnya.

Selain itu, kesepakatan kerja sama antara Garmin – Pushidrosal tidak hanya memiliki manfaat bagi kedua pihak akan tetapi juga bagi komunitas pelayaran rekreasional pada lingkup nasional maupun internasional sebagai pengguna utama.

Sementara itu, Mr. Andrew Etkind mengatakan Pushidrosal Indonesia merupakan mitra strategis bagi Navionics-Garmin di kawasan perairan Asia Tenggara yang memiliki wilayah perairan strategis di kawasan Asia Tenggara dan merupakan destinasi wisata maritim potensial yang akan berkembang pada waktunya.

Menurutnya, Navionics - Garmin menyadari bahwa saat ini produk-produk yang dihasilkan hanya digunakan sebagai sarana navigasi rekreasional (non SOLAS vessel). Sebagai contoh kapal perikanan tradisional, marine and eco-tourism dan olahraga perairan seperti jetski, diving maupun kapal layar (yacht) yang akan sangat bermanfaat serta mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan potensi wisata bahari.

Pushidrosal telah melakukan kerja sama untuk penggunaan peta laut Indonesia pada produk-produk alat navigasi (GPS) rekreasi yang diproduksi oleh Garmin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News