Pushidrosal TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Bagi 500 Pelajar SD

Pushidrosal TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi Bagi 500 Pelajar SD
Pushidrosal TNI AL menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia antara 6-11 tahun di Madrasah Tsanawiyah Al Khairiyah Lagoa, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11). Foto: Pushidrosal

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia antara 6-11 tahun di Madrasah Tsanawiyah Al Khairiyah Lagoa, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11).

Kepala Dinas Penerangan Pushidrosal Letkol Laut (KH) Heru Priyantara mengatakan vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan komunal (Herd Immunity) bagi anak-anak di sekolah dasar.

Dalam kegiatan ini, Pushidrosal bekerja sama dengan puskesmas Kelurahan Koja menyediakan 500 ampul vaksin jenis Sinovac dosis pertama dan dosis kedua.

Heru menjelaskan kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka menyukseskan program pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19 terutama di kalangan anak-anak wilayah Jakarta Utara.

Pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak pukul 08.00 wib hingga pukul 14.00 wib. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu pengambilan nomor antrean, pendaftaran dengan menyertakan kartu keluarga (KK), pengecekan tensi darah dan suhu, serta Screening untuk mengetahui kelayakan sebagai penerima vaksin. 

“Apabila peserta vaksin dinyatakan memenuhi syarat, maka dilakukan penyuntikan vaksin. Selama vaksinasi berlangsung, kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Letkol Heru.

Tim vaksinator yang diterjunkan dalam pelaksanaan kegiatan kali ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan (nakes) Pushidrosal sebanyak 19 personel dan 2 nakes dari Puskesmas Koja.

Dari 493 orang siswa dan siswi yang terdaftar, 492 yang dapat tervaksin dan 1 gagal karena alasan kesehatan. Selama pelaksanaan kegiatan vaksin tidak terjadi KIPI (Kegiatan ikutan Pasca Imunisasi).

Pushidrosal TNI AL menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia antara 6-11 tahun untuk pelajar tingkat sekolah dasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News