JPNN.com

Puskapsi: RUU PIP Penting sebagai Payung Hukum BPIP

Kamis, 09 Juli 2020 – 23:17 WIB
Puskapsi: RUU PIP Penting sebagai Payung Hukum BPIP - JPNN.com
Garuda Pancasila. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi/Puskapsi Universitas Jember Bayu Dwi Anggono menilai RUU Pembinaan Ideologi Pancasila atau PIP, penting dibentuk sebagai payung hukum untuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurut Bayu, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Perlu pembinaan atau kegiatan untuk menanamkan serta menjaga nilai-nilai Pancasila agar ditegakkan dan diterapkan oleh seluruh elemen masyarakat, di dalamnya termasuk pejabat negara," kata Budi, Kamis (9/7).

Bayu mengatakan, BPIP yang ada sekarang masih didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang BPIP. Ke depan, posisi lembaga tersebut perlu didukung oleh payung hukum yang lebih kuat berupa UU.

"Penting untuk memberikan payung hukum yang lebih kuat bagi BPIP sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan pembinaan serta penguatan Pancasila sebagai ideologi negara," ujarnya.

Dia berharap, bila BPIP punya payung hukum berupa UU PIP, maka ke depan tidak ada lagi tafsir macam-macam terhadap nilai-nilai Pancasila yang yang dirumuskan para pendiri bangsa.

"Pancasila sudah final. Sementara kegiatan pembinaannya harus dilakukan secara berkesinambungan," tandas Bayu. (fat/jpnn)

 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil