Puskesmas Tetap Buka Layanan Darurat Saat Lebaran

Puskesmas Tetap Buka Layanan Darurat Saat Lebaran
Puskesmas. ILUSTRASI. Foto: Radar Lombok/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Untuk memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram memastikan selama libur lebaran, Puskemas dengan layanan rawat inap yang memiliki Unit Gawat Darurat (UGD) tetap buka.

Puskesmas Karang Taliwang misalnya. Kemarin (15/6), puskesmas yang berlokasi di Jalan Ade Irma Karang Taliwang tetap buka. Terlihat beberapa orang berlalu lalang di depan ruang UGD di sebelah Barat.

“Kami tetap buka lebaran, tapi untuk yang emergency (darurat, red) saja,” kata Andi, salah seorang Petugas Puskesmas setempat di sela-sela membersihkan ruang UGD, kemarin (15/6) seperti dilansir Radar Lombok (Jawa Pos Group).

Ia mengatakan, pada saat lebaran pengunjung tidak seperti biasanya, apalagi pihak puskesmas hanya membuka layanan emergency saja. Saat ini kata dia, masyarakat cenderung lebih memilih mudik dari pada diam di Mataram.

“Orang yang tinggal di Mataram ini kan sebagaian besar dari luar. Dari Lombok Timur, Lombok Tengah, dan dari pulau Sumbawa,” imbuh pria asal Ampenan ini.

Untuk pelayanan lanjut Andi, pihaknya tetap melayani pasien. Tapi khusus untuk yang emergency saja. “Kalau sekedar batuk pilek, kami tidak layani. Obatnya pun tidak ada di UGD,” tuturnya.

Namun demikian, ia meminta agar masyarakat yang mengalami penyakit ringan seperti itu untuk membeli obat di toko atau warung.

“Obat di sini juga sebagian besar obat generik. Jadi sama dengan yang ada di apotik atau toko,” terangnya.

Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram memastikan selama libur lebaran, Puskemas dengan layanan rawat inap yang memiliki Unit Gawat Darurat (UGD) tetap buka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News