Puspenpol Sebut Prabowo-Gibran Raih Popularitas Tertinggi di TikTok Hingga 55%

Puspenpol Sebut Prabowo-Gibran Raih Popularitas Tertinggi di TikTok Hingga 55%
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjoget di depan relawan dan simpatisan saat kampanye akbar terbuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran Rakabuming Raka telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi di platform media sosial TikTok.

Hal ini diukur berdasarkan jumlah postingan dan penayangan konten mereka.

Hasil analisis tersebut yang diumumkan oleh Adrian Zakhary dari Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) pada 13 Februari 2024, menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan perolehan 55,26 persen dari total penayangan di TikTok.

Menurut Adrian, pasangan ini unggul dalam hal jumlah postingan dan penayangan konten.

Prabowo berhasil mencapai angka 1,4 juta total postingan dan 26,2 miliar penayangan, sementara Gibran mencapai angka 734,5 ribu total postingan dan 14,4 miliar penayangan.

Adrian menjelaskan analisis tersebut bertujuan untuk mengevaluasi berbagai model algoritma TikTok dalam konteks Pemilu 2024.

Mereka menemukan bahwa model algoritma TikTok, terutama yang fokus pada konten yang dihasilkan oleh pengguna non-resmi, memiliki dampak yang signifikan dalam konteks politik.

“Kata kunci tagar yang bertaut dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto unggul dengan total Post dengan mencapai angka 1.4 Juta, Prabowo juga unggul dalam jumlah views sebesar 26,2 milliar views," ungkap Adrian dalam keterangannya, Rabu (14/2).

Pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi di platform media sosial TikTok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News