JPNN.com

Puti Guntur Dampingi Gus Ipul, PKB: Jatim Butuh Perempuan

Kamis, 11 Januari 2018 – 13:31 WIB Puti Guntur Dampingi Gus Ipul, PKB: Jatim Butuh Perempuan - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan, Puti Guntur Soekarno memiliki kelebihan sangat spesifik dibanding figur lain yang sempat dibahas sebagai bakal calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur (Jatim) mendampingi Saifullah Yusuf. Sebab, Puti bisa menjadi daya tarik bagi pemilih perempuan di Jatim.

Daniel mengatakan, saat ini Gus Ipul -panggilan Saifullah Yusuf- akan berhadapan dengan Khofifah Indar Parawansa yang dikenal sebagai tokoh perempuan. Oleh sebab itu, pertimbangan paling utama bagi partainya sehingga setuju menduetkan Gus Ipul dengan Puti karena Jatim butuh sosok perempuan.

Langkah serupa juga diambil PKB untuk Pilgub Jateng dengan mengusung Ida Fauziah mendampingi Sudirman Said. "Jateng dan Jatim membutuhkan sosok perempuan karena jumlah kaum ibu dan anak muda sangat banyak," ujar Daniel di DPR, Kamis (11/1).

Apakah keputusan mengusung Puti untuk memecah pemilih perempuan yang mendukung Khofifah? "Saya tidak paham kalau dalam konteks memecah (suara perempuan, red). Tapi, sosok perempuan dibutuhkan oleh masyarakat Jatim saat ini," katanya.

Lebih lanjut Daniel mengatakan, PDIP memang memiliki hak penuh menentukan nama pengganti Abdullah Azwar Anas sebagai calon wakil gubernur pendamping Gus Ipul. Namun, PKB juga memberikan kewenangan ke Gus Ipul untuk berkomunikasi dengan PDIP dalam rangka mencari pendamping.

Karena itu PKB berterima kasih kepada partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu yang telah mendengarkan dan menghargai masukan Gus Ipul dalam penentuan cawagub. "Karena bagaimanapun Gus Ipul yang akan menjalankan selama lima tahun. Jadi, ini yang terbaik," ujar waki ketua Komisi IV DPR itu.(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...