Putin Klaim BRICS Berhasil Kurangi Ketergantungan Dolar AS

Putin Klaim BRICS Berhasil Kurangi Ketergantungan Dolar AS
Vladimir Putin. Foto; AFP

jpnn.com - Penggunaan dolar Amerika Serikat dalam perdagangan antara negara-negara anggota BRICS sudah menurun, kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ketika berbicara melalui saluran video kepada delegasi KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan, pada Selasa, Putin mengatakan tujuan dan proses dedolarisasi oleh BRICS sudah membuahkan hasil.

"Tahun lalu, pemakaiannya hanya 28,7 persen," kata Putin.

"Kebetulan, selama KTT ini kita harus membahas tuntas seluruh aspek pengalihan ke mata uang nasional masing-masing pada semua bidang kerja sama ekonomi antara kelima negara ini," kata dia.

Presiden Rusia itu mengatakan Bank Pembangunan Baru BRICS, yang merupakan alternatif untuk lembag-lembaga keuangan bentukan Barat, memiliki peran penting dalam upaya tersebut.

Putin, yang masuk daftar perintah penangkapan internasional atas dugaan kejahatan perang di Ukraina, tidak bisa menghadiri langsung KTT di Johannesburg itu.

Namun, Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa hadir dalam pertemuan puncak itu.

BRICS adalah kelompok negara-negara berperekonomian berkembang yang menguasai seperempat ekonomi global.

Penggunaan dolar Amerika Serikat dalam perdagangan antara negara-negara anggota BRICS sudah menurun, kata Presiden Rusia Vladimir Putin

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News