Putin: Rusia Negara Pertama yang Luncurkan Vaksin COVID-19

Putin: Rusia Negara Pertama yang Luncurkan Vaksin COVID-19
Vladimir Putin. Foto; AFP

jpnn.com - Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin COVID-19, hanya dua bulan setelah melakukan uji coba pada manusia.

Pernyataan tersebut langsung digembar-gemborkan oleh Moskow sebagai bukti kehebatan mereka di bidang ilmiah.

Perkembangan tersebut juga membuka jalan bagi inokulasi massal populasi Rusia, bahkan saat uji klinis tahap akhir untuk menguji keamanan dan keampuhan vaksin masih berlangsung.

Kecepatan Rusia dalam meluncurkan vaksin COVID-19 menunjukkan tekad negara itu untuk menjadi pemenang dalam perlombaan global atas produk yang efektif.

Namun hal itu juga menimbulkan kekhawatiran bahwa mungkin saja pihaknya lebih mementingkan wibawa negara ketimbang pengetahuan dan keamanan.

Putin mengatakan vaksin, yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya Moskow, aman dan bahkan telah diberikan kepada salah satu putrinya.

"Saya tahu bahwa (vaksin) itu cukup efektif, membentuk imunitas yang kuat dan saya tegaskan kembali, (vaksin) itu telah melewati semua pemeriksaan yang diperlukan," kata Putin.

Ia berharap Rusia akan segera memproduksi vaksin tersebut secara massal.

Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan uji coba pada manusia.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News