Putin Ultah ke-68, Jenderal Gerasimov Sampaikan Kabar Gembira soal Rudal Maut Rusia

Putin Ultah ke-68, Jenderal Gerasimov Sampaikan Kabar Gembira soal Rudal Maut Rusia
Vladimir Putin. Foto: sputnik international

jpnn.com, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mendapatkan kabar baik di hari ulang tahunnya yang ke-68, Rabu (7/10). Salah satu jenderalnya melaporkan bahwa Rusia telah melangsungkan uji coba rudal jelajah hipersonik Tsirkon yang berhasil mengenai target di Laut Barents.

Berbicara kepada Putin melalui sambungan video, Jenderal Staf Angkatan Darat Rusia Valery Gerasimov menyebut bahwa pengujian tembak pada Selasa (6/10) dilakukan dari kapal Admiral Gorshkov yang berlokasi di Laut Putih, Rusia bagian utara.

Putin, yang berjanji untuk meningkatkan keberadaan militer Rusia di Laut Arktika, pernah mengangkat soal rudal hipersonik dan senjata generasi baru milik Rusia dalam sebuah pidato pada Maret 2018.

"Ini adalah peristiwa besar, bukan hanya untuk kehidupan pasukan bersenjata, namun juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negeri," ujar Putin kepada Gerasimov.

Gerasimov mengatakan rudal Tsirkon mengenai sasaran yang jaraknya 450 kilometer dalam waktu 4,5 menit setelah berhasil mencapai kecepatan hipersonik yang lebih dari Mach 8 (delapan kali kecepatan suara, 9878,4 km/jam).

Ia menambahkan bahwa pengujian rudal akan dilanjutkan, dan bahwa kapal-kapal Rusia, termasuk kapal selam, akan dipersenjatai dengan rudal hipersonik ini setelah proses pengujian selesai.

Pengujian Tsirkon itu dilakukan di tengah ketegangan mengenai pengendalian senjata antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS). Pakta senjata nuklir antara kedua negara, New START, akan memasuki masa akhir pada Februari 2021.

Rusia dilaporkan untuk pertama kalinya berhasil dalam uji coba peluncuran rudal yang ditembakkan dari kapal militer pada Januari lalu. (ant/dil/jpnn)

Vladimir Putin mendapatkan kabar baik soal rudal maut Rusia di hari ulang tahunnya yang ke-68, Rabu (7/10)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News