Balas Dendam, Rusia Usir Diplomat Norwegia

Balas Dendam, Rusia Usir Diplomat Norwegia
Bendera Rusia. Foto: Reuters

jpnn.com, MOSKOW - Rusia membalas pengusiran terhadap diplomatnya dengan melakukan hal yang sama terhadap salah satu pejabat tinggi Kedubes Norwegia di Moskow.

"Kedutaan besar (kedubes) kami di Moskow diberitahu oleh Kementerian Luar Negeri Rusia bahwa salah satu diplomat kami telah dinyatakan sebagai orang yang tidak diinginkan di Rusia. Tindakan ini sama sekali tidak berdasar. Diplomat kami tidak melanggar peraturan apa pun dan telah bertindak sepenuhnya berdasarkan kerangka kerja kegiatan diplomatik," ujar Guri Solberg, pejabat di Kementerian Luar Negeri Norwegia.

Identitas diplomat yang diusir tersebut diungkapkan oleh media Norwegia bernama Jan Flaete, diplomat tertinggi kedua di Kedubes Norwegia di Moskow.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari yang sama membenarkan kabar tersebut dengan mengatakan bahwa pihaknya membalas tindakan Norwegia.

"Duta Besar Norwegia untuk Rusia Rune Resaland dipanggil pada 28 Agustus dan diinformasikan bahwa salah satu diplomat senior Kedubes Norwegia juga dinyatakan persona non grata sebagai tindakan balasan," ujar Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sepuluh hari yang lalu, Norwegia mengumumkan akan mengusir Aleksandr Stekolshikov, perwakilan dagang yang bertugas di Kedubes Rusia di Oslo.

Otoritas Norwegia menganggap Stekolshikov berperan sebagai petugas intelijen Rusia yang terlibat dalam sebuah kasus spionase, yang juga melibatkan karyawan perusahaan minyak dan gas Norwegia DNV GL. Karyawan tersebut dituduh membocorkan rahasia negara.

Rusia lalu mengecam aksi deportasi terhadap Stekolshikov tersebut. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Sepuluh hari yang lalu, Norwegia mengumumkan akan mengusir Aleksandr Stekolshikov, perwakilan dagang yang bertugas di Kedubes Rusia di Oslo.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News