Putu Rudana Menilai Museum SBY-ANI Hadiah Terbaik bagi Bangsa

Putu Rudana Menilai Museum SBY-ANI Hadiah Terbaik bagi Bangsa
Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana saat bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: dokumentasi pribadi Putu Rudana

jpnn.com, JAKARTA - Galeri SBY-Ani yang diresmikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)di Ploso, Pacitan pada Kamis (17/8), dinilai sebagai salah satu museum terbaik di tanah air.

Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana yang menghadiri peresmian Museum dan Galeri SBY-Ani.

Museum seluas 1,5 hektare itu merupakan persembahan SBY untuk rakyat Indonesia masa kini dan masa mendatang, sekaligus tanda cinta abadi Presiden RI dua periode itu kepada mendiang sang istri, Ani Yudhoyono.

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, acara malam ini berjalan dengan lancar. Museum SBY-ANI telah diresmikan oleh Presiden keenam, Bapak SBY bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-78," ucap Putu melalui siaran pers, Kamis malam.

Dia menyebut selain dipenuhi koleksi barang-barang seni karya Almarhumah Ani Yudhoyono, isi museum tersebut juga menggambarkan perjalanan SBY sejak masa kecil di Pacitan, berkarier di TNI Angkatan Darat hingga menjadi Presiden ke-6 RI yang menjabat selama 10 tahun.

"Ada juga replika kamar masa kecil SBY, kamar kontemplasi, hingga gubuk komando yang bisa dipakai untuk spot foto pengunjung," ungkapnya.

Selain itu, kata politikus Partai Demokrat itu, di galeri tersebut juga terdapat replika perpustakaan pribadi SBY yang berisi 15.000 buku koleksi, baik dari dalam dan luar negeri, juga buku-buku yang ditulis SBY selama menjabat sebagai presiden RI.

Kemudian, museum itu juga berisikan batik Pacitan, tenun, patung, kain, alat musik dan benda-benda lainnya yang memiliki nilai seni tinggi yang berasal dari berbagai daerah di tanah air dan luar negeri.

Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana menilai Museum dan Galeri SBY-Ani hadiah terbaik bagi bangsa yang merayakan HUT ke-78 RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News