Qodari: Pak Jokowi Hebat, Freeport pun Tunduk

Qodari: Pak Jokowi Hebat, Freeport pun Tunduk
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer, Mohammad Qodari menilai Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin yang hebat karena bisa menundukkan PT Freeport yang begitu berkuasa.

“PT Freeport yang dianggap begitu berkuasa, bahkan untouchable baik di masa Presiden Soeharto maupun presiden-presiden lainnya, ternyata tunduk pada Pak Jokowi,” kata Qodari kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/8).

Hal tersebut terlihat dari pernyataan pimpinan tertinggi Freeport McMoran yang menyatakan menghargai kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Ini adalah bukti keberanian dan kepimpinan Jokowi yang tegas dalam membangun kekuatan ekonomi Indonesia,” kata Qodari.

Seperti diberutakan, setelah melalui perundingan panjang, Freeport akhirnya menyetujui pelepasan 51 persen sahamnya (divestasi) ke Indonesia secara bertahap.
Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMoRan Inc Richard Adkerson mengungkapkan, keputusan Freeport mau melepas 51 persen saham tak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Kami menghargai kepemimpinan Bapak Joko Widodo," ujar Adkerson dalam konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Selain itu, Adkerson juga mengatakan sudah mendengarkan keinginan dan tujuan Presiden Joko Widodo yang disampaikan oleh sejumlah menteri yang terkait dengan perundingan Freeport.

Adkerson memiliki keyakinan, persetujuan dengan pemerintah Indonesia akan bermanfaat bagi kelanjutan bisnis Freeport di Indonesia.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Mohammad Qodari menilai Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin yang hebat karena bisa menundukkan PT Freeport yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News