Kamis, 21 September 2017 – 15:42 WIB

Radiasi Sinyal HP Menyebabkan Otak Mengecil? Begini Penjelasan Dokter

Selasa, 11 Juli 2017 – 00:41 WIB
Radiasi Sinyal HP Menyebabkan Otak Mengecil? Begini Penjelasan Dokter - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kabar beredar secara berantai yang menyebutkan bahwa radiasi sinyal handphone menyebabkan kanker bahkan otak mengecil, dipastikan merupakan hoaks.

Ahli medis juga memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Radiasi memang bisa menyebabkan kanker, namun dalam dosis besar. Sedangkan radiasi ponsel tergolong tidak terlalu besar.

Dokter spesialis saraf RS Royal Surabaya dr Bambang Kusnardi SpS mengatakan, berita radiasi telepon genggam yang menyebabkan kanker otak pada anak adalah hoaks.

”Radiasi memang bisa menyebabkan kanker. Namun harus dalam dosis besar,” ucapnya. Selain soal besarnya radiasi, kanker juga akan tumbuh ketika paparan berlangsung lama.

Gelombang radiasi pada telepon genggam memang tidak terlalu besar. Sehingga kemungkinan untuk menyebabkan kanker juga sedikit.

Bambang mengatakan, kanker merupakan penyakit yang disebabkan banyak faktor. Hingga sekarang para ahli belum bisa memastikan penyebab pasti kanker.

Penyebab kanker bisa dari keturunan. Artinya, mereka yang punya riwayat keluarga pengidap kanker bisa memiliki risiko tersebut. Selain itu, faktor lainnya adalah soal makanan yang dikonsumsi.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini