Rafael Nadal Menyerah Di Babak Perempat Final

Rafael Nadal Menyerah Di Babak Perempat Final
Rafael Nadal Menyerah Di Babak Perempat Final

Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal tersingkir dari arena Australia Open 2018 usai mengundurkan diri akibat cedera yang dialaminya di set kelima pada babak perempat final saat melawan petenis Marin Cilic dari Kroasia.

Pertandingan di babak perempat final antara Rafael Nadal dan Marin Cilic sudah berlangsung selama tiga jam dan 52 menit, sebelum cedera pinggul memaksa Nadal untuk menghampiri net dan menyerah pada skor 6-3, 3-6, 7-6 (7/5), 6-2, 0-2, dan memberikan Marin Cilic tempat di babak empat besar.

Dengan penyerahan diri Nadal ini, Marin Cilic yang merupakan unggulan keenam itu akan menghadapi petenis Inggris yang tidak diunggulkan Kyle Edmund, yang sebelumnya berhasil menggulingkan unggulan ketiga Grigor Dimitrov dari Bulgaria dalam pertarungan empat set untuk mencapai semifinal grand slam pertamanya.

Pertandingan Selasa (23/1/2018)  malam antara kedua petenis sudah panas sejak awal permainan.  Awal set pertama sudah diwarnai permainan yang sulit dan usaha ketat kedua pemain untuk mengumpulkan poin yang berlangsung 52 menit,  dimana keduanya berhasil meraih kemenangan besar tapi sekaligus juga melakukan kesalahan besar.

Cilic berhasil meraih lima break point berkat servisnya dalam game ke-6 - yang berlangsung hampir 13 menit - namun dua game berikutnya dia melakukan dua kesalahan besar termasuk kesalahan ganda yang menyulitkan dirinya, dan memberi peluang bagi Nadal meraih tiga break point.

Rafael Nadal Menyerah Di Babak Perempat Final
Marin Cilic melakukan pukulan forehand untuk mengembalikan bola Rafael Nadal di Rod Laver Arena.

AP: Dita Alangkara

Cilic menyelamatkan satu set dengan sebuah pukulan ace, tapi dia gagal  merebut peluang mengungguli petenis Spanyol itu dengan skor 5-3.

Di game kesembilan, Cilic menyelamatkan dua set poin dari servis Nadal yang jatuh di garis permainan di kedua sisi lapangan. Namun demikian, Nadal mampu memenangkan set pertama itu dengan skor 6-3 dengan pukulan forehand yang menjadi andalannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News