Rahmad Handoyo PDIP Minta IDI Hentikan Drama, Terawan Aset Nasional

Rahmad Handoyo PDIP Minta IDI Hentikan Drama, Terawan Aset Nasional
Terawan Agus Putranto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) segera menghentikan drama pemecatan dr Terawan Agus Putranto. Rahmad mendorong IDI dewasa dalam menjalankan tugasnya.

"Sangat disayangkan drama pemecatan yang semestinya menjadi ranah privat organisasi. Diduga dengan kesengajaan, diviralkan ke ranah publik dan publik diajak pro dan kontra sehingga menjadi energi negatif bagi pelayanan kesehatan nasional," kata Rahmad dalam siaran pers, Minggu (27/3).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu menilai IDI merupakan organisasi profesi yang memiliki sejarah panjang. IDI selama ini banyak mengukir prestasi dan memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Namun, lanjut Rahmad, konflik yang dibuat IDI terhadap Terawan membuat  masyarakat jengah. Menurut Rahmad,  banyak masyarakat yang mendukung temuan-temuan dr Terawan.

"IDI diduga lebih terlihat pada persoalan personal," kata Rahmad.

Rahmad menyarankan IDI sebagai organisasi baiknya berpikir memenuhi kekurang dokter umum, spesialis, dan bagaimana pemerataan praktik medis di Indonesia.

Di sisi lain, Rahmad menilai polemik ini membuat masyarakat mempertanyakan eksistensi IDI sebagai wadah tunggal organisasi profesi.

Dia juga meyakini masalah ini menjadi momentum untuk mendorong percepatan amandemen UU praktik kedokteran   dengan penyempurnaan menyeluruh.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo angkat suara mengenai polemik langkah IDI memecat dr Terawan. IDI diminta tidak mengurusi hal yang personal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News