Rahmat Effendi: Pemkot Bekasi Targetkan Cetak 150.000 Wirausaha Baru

Rahmat Effendi: Pemkot Bekasi Targetkan Cetak 150.000 Wirausaha Baru
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menandatangani nota kesepahaman dengan PT Wira Teknologi Indonesia. Foto: Pradita Kurniawan Syah/Antara

jpnn.com, BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, menargetkan mencetak 150.000 wirausaha baru dengan menggandeng PT Wira Teknologi Indonesia, perusahaan pengembang aplikasi wiranesia inkubator, untuk menekan angka pengangguran.

"Ini salah satu upaya kami untuk mencetak wirausaha muda dengan menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka. Target kami menciptakan 150.000 wirausaha baru," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kamis (3/10).

Menurut dia, wiranesia inkubator merupakan platform untuk menciptakan wirausaha baru dan mewujudkan wirausaha naik kelas melalui program skill up dengan memanfaatkan teknologi digital yang didasari penerapan industri 4.0.

Tahapan yang harus dilalui oleh warga Kota Bekasi adalah dengan mendaftarkan dan memilih program sesuai dengan kebutuhannya di situs Wiranesia dan kemudian mengikuti pelatihan secara online untuk mendapatkan e-sertifikat.

"Selanjutnya meningkatkan volume penjualan mereka melalui aplikasi market place Wiranesia Inkubator yang dapat diunduh melalui telepon seluler," kata Rahmat.

Founder Wiranesia Inkubator Faransyah Agung Jaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi keinginan Pemkot Bekasi mengatasi jumlah pengangguran di Kota Bekasi.

Dia meyakini wiranesia inkubator dapat mencetak banyak wirausaha b‎aru terutama dari lulusan SMK Kota Bekasi. "Insyaallah akan banyak pengusaha muda baru tangguh yang tumbuh menjadi penopang ekonomi Kota Bekasi," katanya.

Pihaknya mengemban amanah sebagai anggota Dewan Riset Daerah pada Pemeritah Provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI tengah menggodok formula sinergitas antarpemerintah kota dan kabupaten se-Jabodetabek untuk menumbuhkan UMKM baru dan naik kelas khususnya dari kalangan muda.

Menggandeng perusahaan pengembang aplikasi wiranesia inkubator, Pemkot Bekasi menargetkan mencetak 150.000 wirausaha baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News