Raih Gelar Doktor HC ke-10, Bu Mega Sampaikan Pesan Buat Generasi Muda

Raih Gelar Doktor HC ke-10, Bu Mega Sampaikan Pesan Buat Generasi Muda
Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) menganugerahi gelar doktor kehormatan (Honorary Dictorate/HC) bidang ilmu sosial kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri. Foto: Tim Dokumentasi Megawati.

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Presiden Kelima RI, Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri berharap pencapaiannya memperoleh 10 gelar doktor honoris causa dari berbagai kampus di dunia menginspirasi generasi muda agar jangan lelah, serta tidak mudah menyerah.

Megawati mengatakan banyak belajar sendiri atau autodidak. Karena situasi politik di era Orde Baru, Megawati sebagai anak Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno, tidak dapat melanjutkan kuliahnya secara formal.

Honoris causa itu sebenarnya sebuah penghormatan yang diberikan pada orang-orang yang telah melakukan suatu hal secara ilmiah, jadi bukan hanya teori, tapi juga dalam pelaksanaannya (praktik,red),” kata Megawati dalam keterangan resminya, Senin (2/10).

Bu Mega, panggilan akrab Megawati Soekarnoputri, menyampaikan itu kepada wartawan seusai upacara penganugerahan gelar doktor honoris causa bidang ilmu sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia, hari ini.

Bu Mega merasa sangat terhormat bisa mendapat honoris causa ke-10. Menurut Bu Mega, untuk bisa mendapat penghargaan seperti yang diraihnya itu memang tidaklah mudah.

“Saya sebenarnya ingin menginisiasi generasi muda, baik laki-laki maupun perempuan, untuk jangan lelah, jangan merasa tidak bisa,” kata Bu Mega.

Dalam kesempatan itu, Bu Mega mendorong para ahli di Indonesia menyumbangkan pikirannya bagi nusa dan bangsa.

Dia juga mendorong negara-negara di ASEAN berkolaborasi menghadapi tantangan ketahanan pangan di tengah pemanasan global hingga konflik geopolitik dunia.

Bu Mega atau Megawati Soekarnoputri meraih gelar doktor honoris causa ke-10. Dia berpesan kepada generasi muda agar jangan lelah, dan tidak gampang menyerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News