Rais Aam NU Ingatkan Nusron Wahid Soal Klaim Dukungan

Rais Aam NU Ingatkan Nusron Wahid Soal Klaim Dukungan
Rais Aam NU Ingatkan Nusron Wahid Soal Klaim Dukungan. Foto Ilustrasi JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Maruf Amin mengingatkan Tim Pemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nusron Wahid. 

Peringatan itu disampaikan terkait dengan adanya klaim yang menyebutkan PBNU mendukung salah satu calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI. 

Maruf Amin mengatakan PBNU sejauh ini belum ada sikap resmi dukungan terhadap pasangan cagub-wagub di Pilkada DKI. 

"Tidak benar kalau ada yang bilang PBNU mendukung salah satu calon. Jadi jangan asal mengklaim didukung nahdliyin," kata Maruf seperti yang dilansir RMOL (Jawa Pos Group). 

Bekas Anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini mengakui, memang ada beberapa calon kepala daerah yang meminta restu kepada PBNU, tapi bukan berarti organisasi Islam terbesar di Indonesia itu otomatis mendukung.

Apalagi, kata dia, PBNU memiliki kriteria dalam memilih pemimpin. Sikap Nahdlatul Ulama dalam memilih pemimpin nonmuslim, mengacu pada hasil Muktamar 1999 di Lirboyo Kediri.

Saat itu, ulama merumuskan salah satu syarat dibolehkannya memilih pemimpin yang non muslim, adalah jika tidak adanya calon pemimpin muslim yang adil. Hukum kemudian menjadi dhorurot, memilih non muslim karna paksaan keadaan, maka dibolehkan.

Menurutnya, selama ada calon pemimpin muslim yang amanah, maka PBNU akan setia mendukung calon tersebut. 

JPNN.com JAKARTA - Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Maruf Amin mengingatkan Tim Pemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nusron Wahid. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News