Raja Tonga Meninggal Dunia

Raja Tonga Meninggal Dunia
Raja Tonga Meninggal Dunia
TONGA - Raja George Tupou V, penguasa Tonga, sebuah negara kepulauan kecil di gugus Polynesia,  Pasifik selatan meninggal dunia di usia ke 63. Pria yang memimpin negara kepulauan seluas 700 ribu kilometer persegi itu, menghembuskan nafas  terakhir di sebuah  rumah sakit di Hong Kong Senin (19/3) pagi. Ia menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan beberapa hari.

Seperti dilansir BBC,  negara yang dulu pernah disinggahi pelaut Inggris James Cook ini kini tengah mempersiapkan upacara kenegaraan dan menyatakan masa berkabung nasional dimuali. Duka mendalam disampaikan rakyat Tonga atas meninggalnya raja yang disebut sebagai icon demokrasi tersebut.

"Saya sedih dengan kabar itu, raja Tonga kami yang  tercinta telah meninggal dunia," kata salah seorang warga setempat sebagaimana dikutip  koran New Zealand Herald.

Raja Tupou, sendiri naik ke tampuk pimpinan menggantikan ayahnya Raja Taufa'ahau Tupou IV,  pada 2006.

September lalu ia, dianugrahi Grand Cross of the Order of Merit of the Hungarian Republic dari presiden Hungaria Pal Schmitt. Sementara di bulan Febuari ia juga dianugerahi Knight Grand Cross of the Royal Order of Francis I dari Pangeran Carlo.

TONGA - Raja George Tupou V, penguasa Tonga, sebuah negara kepulauan kecil di gugus Polynesia,  Pasifik selatan meninggal dunia di usia ke 63.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News